Laman

Jumat, 07 Mei 2010

USAHA - USAHA MASYARAKAT PESISIR PANTAI

Usaha masyrakat pesisir pantai Jawa khususnya masyarakat Kecamatan Tirtayasa dan umunya daerah lain di sepanjang pesisir pantai kini fluktuasinya jungkir balik.
Daerah kami sebut saja Tengkurak - Lontar dan sekitarnya.Khususnya masyarakat nelayan kecil dan petani tambak baik udang maupun Bandeng keadaanya kian parah keadaanya usahanya.
Untuk masyarakat petani tambak dulu waktu kami masih kecil, ikan, udang, dan jenis lainya yang hidup di tambak melimpah. Tiap pagi petani mendapatkan tangkapan ( dari bubu yang dipasang) cukup banyak. namun kala itu harga tidak semahal kini. Tapi sekarang......... kalau hasil pasangan bubu dimasak maka tidak akan ada yang di jual. Meskipun harga sekarang tidak semurah dulu.

Penyebab :
1. Faktor Alam.Faktor yang sulit di bendung. diantaranya keruhnya air laut yang diakibatkan Pencemaran dan masuk ke tambak. Dari segi kekeruhan membuat tambak dangkal dan membuat tambak menjadi sedidit airnya.Dari segi pencemaran, tercemarnya DAS Ciujung membuat ikan dan udang strees dan mati atau dari masyarakat menyebutnya MACO ( Udang / ikan bandeng tidak dapat berkembang lebih besar lagi.
2. Faktor manusia
Faktor ini mengakibatkan hal yang sama namun sumber kendalanya adalah ketidakmampuan petani untuk mengembangkan usahanya karena MODAL yang Minim. Dari mereka hanya sebagian kecil yang bisa dan mampu mencari dana. Turun tangan Pihak Pemerintah untuk hal ini masih dapat dikatakan belum maksimal.

Untuk Masyarakat Nelayan Kecil
Dulu .........
Nelayan banyak yang memiliki perahu dan besar - besar.Tiap pagi mulai fajar menyingsing Sungai ramai Nelayan melaut. Perahu dapat keluar masuk Muara Sungai dengan lancar. Produksi ika melimpah. Perdagangan maju. Pelelangan ikan ramai pengunjung.Pokoknya Bagus lah........

Tapi kini hanya sedikit perahu di dermaga dan semuanya tidak ada yang besar. Masyarakat banyakyang pensiun dan penggatinya tak berminat.

Penyebabnya ......................

1. Dangkalnya Muara Sungai Ciujung. Jangankan Perahu Besar bisa melintas. Perahu kecil saja sering kandas dan menunggu air laut pasang.
2. Tercemarnya Daerah Pesisir Pantai. Sehingga Masyarakat Nelayan kesulitan menangkap ikan di sekitar pantai. Untuk Ketengah Mereka Tidak berani, karena Resikonya Tinggi dan peralatan yang tidak memadai.

Kesimpulan :
Usaha Masyarakat Pesisir Pantai Khususnya Tengkurak - Lontar - Sipanjang dan sekitarnya kini makin sulit; Faktornya :
1. Limbah Industri yang lumpur cairnya kian tebal
2. Dangkalnya Muara Sungai Ciujung. Akibat Lumpur limah Tadi.

Itulah sekelumit kesusahan masyarakat Kami. Mudah - mudahan yang membaca blog ini peduli.
Terima Kasih

maco!!,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung.
Sebagai bukti anda telah berkunjung, sudi kiranya berkomentar.